Home » » Review Lenovo G40-45 AMD A8 by Anggoro Rahmadi

Review Lenovo G40-45 AMD A8 by Anggoro Rahmadi

Written By Anggoro Rahmadi on Jumat, 30 Oktober 2015 | 11.05

Assalammu'alaikum Wr. Wb.

       Selamat malam teman-teman blogger semuanya, rasanya sudah sangat lama sekali saya tidak membuka dan mengupdate isi postingan blog saya ini. Karena kesibukan atau sok membuat kesibukan mungkin, haha. Kebetulan dini hari ini lagi semangat nulis lagi setelah rapat reorganisasi himada Permata di kampus STIS.
        Berhubung teman sehimada dan sekontrakan saya baru saja membeli laptop ini, maka saya akan sedikit mereview bagaimana sih Lenovo G40-45 ini secara performa maupun penampilan. Berhubung saya hanya orang awam jadi saya nilai apa adanya saja menurut bahasa orang awam.
       Berikut spesifikasi laptop G40-45 yang saya miliki, karena ada beberapa varian dari laptop jenis ini.


Spesifikasi:
Prosesor: AMD Quad Core A8-6410 2GHZ
Harddisk: 500GB
Memory: DDR3 4GB
Layar: 14"
Optical Drive: DVDRW
VGA: Microsoft Standar Display Adapter
Port dan slot: HDMI, 1 Port USB 3.0 + 2 Port USB 2.0, Card Reader 6 in 1
Jaringan: LAN + WIFI
Webcam: 720p + Microphone
Speaker: Stereo DOLBY

1. Desain/Tampilan
       Menurut saya laptop ini memiliki desain body yang tipis, berbeda jauh dengan laptop saya sebelumya yaitu Acer Aspire 4738 yang beratnya seperti batu bata. :D Hal ini karena Lenovo G40-45 hanya berbobot 2,1 kg. Untuk laptop keluaran baru (walaupun Lenovo G40-45 bukan keluaran baru) hal ini penting dan sudah sewajarnya karena untuk mempermudah mobilitas dari penggunaan laptop itu sendiri. Keyboard standar pun terpasang pada G40-45 ini lengkap dengan touchpad yang menurut saya terlalu sempit, tidak seperti touchpad keluaran ASUS yang memiliki lebar begitu luas. Pada sisi kiri terdapat port VGA, LAN, HDMI, sebuah port USB 2.0, dan USB 3.0. Sedangkan di sisi kanan terdapat port audio 3.5mm, slot kartu SD, satu buah slot USB 2.0, dan DVD-RW drive 9.0mm Super Multi Tray In. Untuk pengeras suara, Lenovo memajang speaker stereo dengan teknologi audio DOLBY. 

2. Layar dan Baterai
       Layar Lenovo G40-45 berukuran 14 inch. Dari segi layar inilah saya menemukan kekecewaan pada laptop ini. Layar Lenovo G40-45 ini cenderung mengalami gradasi warna. Jadi ketika penggunaan lama apalagi untuk main game maka mata akan sedikit tidak betah dengan kondisi ini. Setelah saya cari tau di forum-forum kaskus tentang laptop ini ternyata bukan hanya saya saja yang mengalami kendala dengan gradasi warna, tapi juga pengguna Lenovo G40-45 yang lainnya. Bahkan di forum tersebut mengatakan bahwa semua laptop keluaran Lenovo yang memiliki processor AMD memang bermasalah dengan gradasi warna.
       Dari sisi baterai G40-45 ini menggunakan baterai 4 cell yang mampu bertahan 3 sampai 4 jam. Sepengalaman saya menggunakan laptop ini bertahan 3-4 jam ketika kita hanya menggunakan untuk keperluan office saja, ketika kita aktif berselancar di dunia internet ya tentu akan lebih boros baterai, bertahan sekitar 2-3 jam.

3. Performa




4. Harga
       Dengan spesifikasi yang mumpuni seperti yang telah saya paparkan di atas, memang Lenovo G40-45 ini tergolong laptop low price. Desember 2014 ketika saya membeli laptop ini dengan harga 4.950.000 sudah termasuk instalasi di Jogjatronik, kemarin saat pameran komputer di JCC Jakarta teman saya dapat harga 4.850.000 belum termasuk instalasi.

       Sekian review dari saya, maaf ini hanya penilaian saya pribadi tentang Lenovo G40-45 setelah hampir 1 tahun saya menggunakannya. Apabila ada salah tulis saya mohon maaf, tidak ada maksud untuk merugikan pihak manampu, just sharing my experience. :)

Wassalammu'alaikum Wr. Wb.



Share this article :

4 komentar:

  1. mas cara mengatasi masalah gradasi nya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya itu adalah tipe layar, kita mengenal layar IPS Panel & TN Panel, bbrapa lepi power saving tinggi akan menggunakan layar TN (Twisted Nematic) contoh Lenovo G40-45, cek di Lenovo situs ��

      Hapus

Gunakan kata-kata sopan dan bijak yaa...

easy stats


Flag Counter
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! SEO Reports for anggoro-rahmadi.blogspot.com My Ping in TotalPing.com
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Ang Note's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger