Home » » Contoh Materi Pengetahuan Umum STIS (1)

Contoh Materi Pengetahuan Umum STIS (1)

Written By Anggoro Rahmadi on Minggu, 09 Maret 2014 | 06.49

  • Pola pemukiman terpusat/konsentrasi mengelompok membentuk unit-unit yang kecil, umumnya terdapat di daerah pegunungan atau daerah dataran tinggi yang berelief kasar, dan terkadang daerahnya terisolir. Pemukiman penduduk desa di wilayah pegunungan memiliki pola pemukiman memusat mengitari mata air dan tanah yang subur.
  • Urbanisasi berjalan efektif jika pembangunan/pertumbuhan di daerah tujuan mereka memiliki kualitas yang sama atau lebih baik dibanding dengan daerah asalnya. Jadi, ketika pertumbuhan kota-kota di suatu negara itu baik (merata) maka akan berpengaruh pada jumlah urbanisasinya.
     
  • Sensus de jure yaitu pencacahan yang hanya dikenakan kepada setiap orang yang benar-benar berdiam atau bertempat tinggal di daerah yang bersangkutan, bisa dibuktikan dengan KTP atau kartu lain yang menunjukkan bahwa orang tersebut merupakan penduduk di daerah yang bersangkutan.
    KEUNGGULAN sensus de jure:
    • Jumlah penduduk yang tercatat adalah penduduk yang betul-betul memiliki bukti kependudukan secara sah dalam sistem pemerintahan
    • Pelaksanaan sensus tidak harus bersamaan waktunya dan serempak karena hanya penduduk yang memiliki bukti kependudukan yang disensus
    • Kemungkinan terjadinya pencatatan dua kali atau lebih pada penduduk yang sama dapat dihindari.
    KELEMAHAN sensus de jure:
    • Penduduk yang tidak memiliki bukti tanda kependudukan (KTP) tidak akan tercatat sebagai penduduk meskipun orang tersebut lahir dan tinggal di tempat tersebut
    • Jumlah penduduk yang tercatat tidak sesuai dengan jumlah penduduk yang sebenarnya
    • Data hasil sensus apabila digunakan untuk kepentingan perencanaan yang berkaitan dengan layanan publik tidak akurat.
     
  • Industri ekstraktif yaitu industri yang mengelola bahan langsung dari sumber daya alam, misalnya industri hasil pertanian, perkebunan, perikanan atau kehutanan. Sedangkan pariwisata adalah menjual jasa sehingga termasuk industri fasilitatif.
     
  • +Rural urban fringe adalah merupakan daerah jalur yang berada di antara desa dan kota.
    +Rural adalah daerah pedesaan atau desa yang penduduknya hidup sederhana.
    +Urban fring adalah daerah perbatasan antara kota dan desa yang memiliki sifat yang mirip dengan daerah wilayah perkotaan. Urban adalah daerah yang penduduknya bergaya hidup modern.
    +Sub urban adalah daerah tempat atau area di mana para penglaju/kommuter tinggal yang letaknya tidak jauh dari pusat kota. Penglaju/kommuter adalah orang-orang yang tinggal di pinggiran kota yang pulang pergi ke kota untuk bekerja setiap hari.
    +Sub urban fring adalah area wilayah yang mengelilingi daerah sub urban yang menjadi daerah peralihan kota ke desa.
     
  • Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.
    IPM mengukur pencapaian rata-rata sebuah negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia:
    • kesehatan
    • pendidikan
    • pendapatan per kapita
    Laporan dari United Nations Development Program (2012) menunjukkan IPM Indonesia Indeks Pembangunan Manusia Indonesia sangat rendah. Pada tahun 2011 IPM Indonesia berada di urutan 124 dari 187 negara yang disurvei, dengan skor 0,617. Di kawasan ASEAN peringkat pertama IPM adalah Singapura dengan nilai 0,866 dan disusul Brunei dengan nilai IPM 0,838, disusul Malaysia (0,761), Thailand (0,682,) dan Filipina (0,644). Indonesia hanya unggul dari Vietnam yang memiliki nilai IPM 0,593, Laos dengan nilai IPM 0,524, Kamboja dengan nilai IPM 0,523, dan Myanmar dengan nilai IPM 0,483.
     
  • Ciri-ciri sistem ekonomi liberal adalah sebagai berikut.
    a. Seluruh kegiatan ekonomi diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat
    b. Masyarakat bebas berusaha, berinovasi, dan berkreativitas dalam melakukan kegiatan ekonomi
    c. Hak milik perorangan diakui
    d. Kegiatan ekonomi ditujukan untuk mencari laba sebesar-besarnya (profit oriented)
    e. Keikutsertaan pemerintah dalam kegiatan ekonomi sangat dibatasi
    f. Adanya persaingan antarpengusaha dalam mengejar keuntungan
    g. Harga-harga yang terjadi ditentukan oleh kekuatan pasar.
     
  • Awalnya Indonesia hanya mengenal desa (atau dukuh) selaku susunan pemerintahan terkecil. Namun, seiring berkembangnya pemerintahan kolonial Jepang, struktur terkecil tersebut dibagi lebih lanjut ke dalam satuan-satuan yang lebih kecil. Satuannya dinamakan Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT). Sistem ini telah diaplikasikan di Jepang dengan nama Tonarigumi. Alasan pembentukan RT dan RW oleh Jepang demi kemudahan administrasi dan kontrol. Jadi, bukan seperti desa asli Indonesia yang tumbuh alami, tonarigumi digunakan sebagai upaya kendali dan mobilisasi Jepang atas penduduk Indonesia.
     
  • Pernyataan urbanisasi tidak hanya berarti perpindahan penduduk dari desa ke kota merupakan hal yang benar. Urban artinya kota dan sasi adalah proses. Sehingga urbanisasi bisa diartikan juga proses perkotaan. Sehingga tidak hanya seseorang yang berpindah dari desa ke kota saja yang disebut urban, namun juga sesorang yang masih ada dalam daerahnya namun daerah tempat tinggalnya telah berkembang menjadi daerah kota/urban (dilihat dari fasilitasnya).
    Urbanisasi juga bisa berarti pemekaran daerah yang berciri kehidupan rural. Rural berarti pedesaan, seharusnya pemekaran daerah itu bercirikan kehidupan urban (kota).
     
  • Dalam teori evolusinya, Charles Darwin mengatakan bahwa manusia dan kera adalah satu keturunan (1864). Namun, pada waktu itu belum dapat ditemukan bukti, sehingga terdapat apa yang disebut missing link, artinya mata rantai yang hilang.
    Ketika E. Dubois menemukan jenis mahkluk purba Pithecanthropus Erectus (1890), di Trinil, Ngawi lembah Bengawan Solo, penemuannya dianggap sangat penting. Sebab, makhluk ini dianggap sebagai missing link seperti yang dikemukakan oleh para ahli.
    Berdasarkan penyelidikan dapat diketahui bahwa jenis manusia ini mempunyai isi atau volume otak 900 cc. Duduk kepalanya di atas leher, tulang keningnya menonjol ke muka, bagian hidung bergandeng menjadi satu. Ciri-ciri lainnya, tulang dahinya lurus ke belakang, tulang kakinya sudah cukup besar, gerahamnya masih besar. Dari ciri-ciri tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa jenis manusia itu merupakan makhluk yang kedudukannya antara manusia dan kera, tetapi sudah dapat berjalan tegak. Penemuan tersebut menjadi bukti dan dapat memecahkan permasalahan yang dikemukakan oleh Charles Darwin dalam Teori Evolusinya.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan kata-kata sopan dan bijak yaa...

easy stats


Flag Counter
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! SEO Reports for anggoro-rahmadi.blogspot.com My Ping in TotalPing.com
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Ang Note's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger