Home » » [FAQ] Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) - Kak Erieska Wahidiyantho

[FAQ] Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) - Kak Erieska Wahidiyantho

Written By Anggoro Rahmadi on Jumat, 28 Februari 2014 | 08.02

Assalammu'alaikum Wr. Wb. 


       Selamat malam pembaca blog saya semua, hehe. Kali ini saya akan memposting info yang sangat menarik dan tentu penting utamanya bagi adik-adik yag ingin masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Di bawah ini saya paparkan tulisan dari Wakil Ketua SEMA STIS yang baru yaitu Kak Ewa tanpa editan dan langsung copast karena tujuan saya disini adalah berbagi. :)

Ini ada tulisan dari Wakil Ketua Senat Mahasiswa STIS, kak Erieska Wahidiyantho. Mangga dibaca dulu

[FAQ] Sekolah Tinggi Ilmu Statistik*

1. STIS itu Jurusannya apa aja?
Ada dua Jurusan, Statistika dan Komputasi Statistik, penjurusan saat naik ke tingkat 2. Statistika ada 2 peminatan, Statistika Ekonomi dan Statistika Kependudukan. *Kebetulan diajar ama 2 dosen dari 2 peminatan Statistika ini, jadi bisa tahu cerita serunya langsung, beliau keduanya dulu lanjut kuliah di Luar Negeri dan kerja di UNICEF, sekarang ngajar di STIS*

2. Berapa lama durasi Ikatan dinas?
Ikatan Dinas itu 2x masa kuliah.. kuliah paling cepet 4 tahun maksimal 5 tahun. Tahun pertama sistem D.O. tiap semester, tahun kedua dan seterusnya ada kesempatan mengulang lagi satu tahun. Sistem paket, gak ada semester pendek, liburan ya liburan aja dan gak pakai ribet KRS.. hehe

3. Apa keuntungan Kuliah di Luar Negeri lewat BPS?
-> Apply nya susah? Kayaknya sih enggak.. STIS barusan akreditasi, banyak fungsional Dosen baru yg dipanggil pulang buat ngajar.. sebelumnya mereka kerja di UNICEF/UNDP/Kemenko dll., ada lagi yg baru pulang dari Thailand/Doktoral Statistik IPB.
Nah.. tanda tangan dosen2 baru ini masih ada gunanya buat rekomendasikan kamu masuk di Universitas2 luar negeri yg kamu mau.. Jangan malu buat berprestasi disini..
-> Saingannya banyak? Enggak... STIS itu kampus kecil, mudah banget kenal ama dosen.. apalagi tahun depan rencanya Tunjangan Ikatan Dinas Mahasiswa mau dinaikin jadi 1,2juta/bulan (STAN cuma 200rb itupun dapat setelah tingkat 3 *cmiiw anak STAN )
-> Ini yang paling enak... kalau kamu berangkat belajar dari BPS, status kamu itu "Tugas Belajar", Gaji PNS tetep, uang saku Iya, Beasiswa iya.. kurang enak apa?
kisah nyata dari dosen saya di atas, Income paling besar seumur hidup beliau itu waktu beliau kuliah di Jepang, bahkan gaji beliau sekarang kalah jauh... hehe, *Yaiyalah..
Kalau mau apply beasiswa gak lewat BPS juga bisa, sama kayak anak UI, IPB, dan lain-lainnya...

4. Penempatan Kerja bisa milih kemana?
Untuk penempatan kita bisa milih mau dimana, nanti ada angketnya. Diutamakan putra daerah, tapi 20 besar tiap Jurusan ditempatkan di BPS Pusat. Sebenarnya lewat jalur prestasi non-akademik juga bisa penempatan di pusat, atau jalur keluarga, hehe.. Kalau suami kamu kerja di pusat, kamu bisa minta pindah ke pusat
Untuk cewek itu lebih gampang... boleh izin mutasi kerja karena alasan ikut Suami, hehehe..

5. Kerja di BPS ngapain aja?
Jangan pikir alumni STIS di BPS itu kerjaannya bawa kuesioner kesana-kemari buat survey, SALAH!
Alumni STIS itu tim ahli, jadi kalau ada Sensus kerjaannya ya jadi mandor terus bagian analisisnya, nah kalau tiap sensus yg jalan kerumah-rumah itu partner kerja, biasanya ahli statistik muda universitas lain atau tim lain yg dilatih BPS.
Sensus di Indonesia ada 3 dan terlaksana 10 tahun sekali, Sensus Penduduk setiap tahun belakang 0, Sensus Pertanian tiap tahun berakhiran 3 dan Sensus Ekonomi tiap tahun berakhiran 6, analisisnya pun cukup panjang *ya iya populasinya ratusan juta penduduk di Indonesia*
Kerjaan orang BPS tu jadi tim ahlinya pemerintah daerah, apalagi setelah Otonomi daerah ini, BPS daerah jadi lebih penting keberadaanya sebagai lembaga pertimbangan untuk pembangunan daerah. Jadi kerjaanya itu presentasi dimana-mana.

6. Bagaimana kalau nanti bosen kuliah Statistik?
kalau nanti bosen kuliah Statistik bisa pindah kuliah kemana aja, Statistik itu kan ilmu dasar banget.. Deputi BPS Pusat bidang Anlisis yg sekarang, dulu Master dan Doktoral di UK ambil bidang kesehatan (Program riset doktoral), Apalagi kalau pindahnya itu ambil 3 program minor sesuai jurusan disini, Ekonomi, Demografi, atau Komputasi (Teknik Informatika, kalau di STIS spesialisasinya JAVA)

7. Hot News STIS?
Sekarang dosen lagi pada Kursus TOEFL, denger dari Dosen yg sama yg dulu kerja di UNICEF dan UNDP *kebetulan ngajar saya* Negara2 di PBB udah banyak yg mau ngirim mahasiswanya sekolah di STIS, Track record BPS di PBB bidang statistik emang udah terkenal daridulu, Nah.. kan STIS itu official school nya BPS, jadi pada penasaran deh tuh orang2 PBB.. Hehe..
Dosen yg cerita ke saya itu bahkan sekarang lagi ditawarin langsung ama Leader Projectnya *kebetulan sekampus waktu di Jepang kata beliau* buat ikut program Uni Eropa, Edukasi statistika di Negara2 Asia Timur dan Tenggara, untung beliau tolak, jadi bisa ngajar STIS terus, hehe..

8. Kuliah di Jakarta itu Gimana?
- Living Cost standar kota, ada TID 850rb/bulan yg mau di Upgrade jadi 1,2 Juta/Bulan udah bukan lumayan lagi, Ngebantu Orang tua banget... Apalagi kuliahnya udah GERRATIS kan ya B)
- Deket ke pusat negara, akses informasi ke perpustakaan nasional dan kantor2 penting di Indonesia. Waktu bikin paper Ekonomi kemarin ama dosen saya direkomendasikan belajar langsung ke orang BPS yg jadi staf Asean di kantor sekretariat, dapet kontak langsung. Seru deh. B)
- Mau main ke Bogor gampang, ke Depok Deket, ke Bandung gak jauh-jauh amat.

---- Semoga membantu ----

       Naah bagaimana? Cukup lengkap kan apa yang telah dijelaskan oleh Kak Ewa panjang lebar seerti di atas, mudah-mudahan cukup memberikan info bagi adik-adik atau teman-teman yang belum mengenal STIS secara lebih jauh. Sekian yang dapat saya bagikan, apabila ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar Anda di bawah. Terimakasih..

Wassalammu'alaikum Wr. Wb.
Share this article :

18 komentar:

  1. :) suwun mas, dah buka pendaftarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. samisami,, siip infokan ke sesama temannya, ajak teman yg lain utk gabung di STIS, Insyaallah berprospek.. hehe :))

      Hapus
    2. maaf mas saya mau tanya,
      kok waktu mau daftar ,klik Aplikasi SPMB STIS itu kok yang muncul malah kayak gini ya?
      https://www.stis.ac.id/spmb/

      tolong respon cepat ya ,bingung saya mas ._. kn udah buka mulai 3maret kmaren,dan skrg tgl 4maret, emg blm bisa apa emg saya yg salah gatau gmn daftarnya? :(

      Hapus
    3. gimana dek maaf kemarin kakak lg sibuk ngurusi Tonas di Solo trus liburan d Batu Malang, hbis itu langsung ngurusi Buku USM STIS 2014, maaf klo bru bsa respon skarang,,

      gmna uda bsa daftar STIS blm?

      Hapus
  2. maaf kak mau tanya yang bku usm stisnya itu bsa di beli d gramedia terdekat atau hanya d jual d kantor BPS????

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada di gramedia dek, penjualan hanya melalui KOPMA STIS, BPS Provinsi dan Pembelian Online.. :)

      Hapus
  3. ka TID itu dptnya dari bulan pertama ngampus ya? trs setiap tingkat ada perbedaan jumlah atau sama aja ka? trs pemberiannya emg selalu dirapel atau kadang2 aja? hehe maaf ya ka kalo kebanyakan nanyanya, makasih sblmnya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu sejak kita mulai mengikuti MP2K (Istilah Opeknya STIS versi 2014).
      tidak ada perbedaan utk tiap tingkatnya, semua diberi 850rb/bulan dengan potongan 50rb tiap bulannya untuk koperasi yang dikelola STIS (bukan Koperasi Mahasiswa STIS).
      pembagiannya ga tentu dek, tpi Alhamdulillah lancar kog.. kadang dirapel kadang juga tiap bulan..

      Hapus
  4. hello, dear friend, in life is not the question of perfection,
    but to understand each other,
    I wish you a wonderful, Tuesday,

    BalasHapus
  5. dear friend, I wish you a wonderful week - divider,
    that's nice !

     can you share joy and sorrow

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks dieter to your regularly visit my blog

      Hapus
  6. Utk yg poin 5 jangan terlalu pede mas.. Mungkin klo sdh di daerah bisa tau sendiri.

    BalasHapus
  7. @anonim: yang nulis mungkin belum penempatan. masih katanya-katanya..

    BalasHapus
  8. http://lenteraairindonesia.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  9. Kak mau nanya,
    Masuk STIS mudah gak?
    Banyak saingannya gak?

    BalasHapus

Gunakan kata-kata sopan dan bijak yaa...

easy stats


Flag Counter
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! SEO Reports for anggoro-rahmadi.blogspot.com My Ping in TotalPing.com
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Ang Note's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger